Sejarah Billboard

Posted: 4 Februari 2011 in News, Uncategorized
Billboard adalah majalah mingguan industri musik asal Amerika Serikat. Isinya berupa tangga musiklagu dan album. Tangga Billboard yang paling terkenal adalah Billboard Hot 100 yang mendaftar urutan 100 lagu terpopuler tanpa memandang genre atau aliran musik. mingguan yang disusun berdasarkan perkembangan kepopuleran

Tangga lagu Billboard Hot 100 merupakan tolak ukur bagi kepopuleran lagu-lagu di Amerika Serikat. Selain itu, Billboard juga mendaftar album-album terlaris di Amerika Serikat dalam bentuk tangga album Billboard 200.

Majalah Billboard bermula dari terbitan berkala industri periklanan dengan judul Billboard Advertising. Majalah Billboard pertama kali diterbitkan 1 November 1894. Penerbitnya bernama William H. Donaldson dan James H. Hennegan asal Cincinnati, Ohio. Setelah 3 tahun terbit, judul majalah diubah menjadi Billboard1897. Pada awalnya, majalah Billboard berisi artikel tentang perkembangan industri hiburan, seperti sirkus, taman bermain, karnaval, dan pekan raya. Namun artikel yang mengulas perkembangan industri musik secara perlahan-lahan mulai bertambah. Setelah liputan tentang sirkus dan taman bermain diterbitkan dalam majalah tersendiri, Billboard berubah menjadi majalah yang semata-mata memuat perkembangan industri musik. pada tahun

Pesatnya perkembangan industri juke box di tahun 1930-an merupakan alasan keterlibatan majalah Billboard dengan industri musik. Pada 4 Januari 1936, majalah Billboard mulai menerbitkan peringkat lagu-lagu yang paling banyak diputar di perangkat juke box. Edisi 27 Juli 1940 merupakan edisi majalah Billboard yang pertama kali memuat tangga lagu juke box yang berasal dari data statistik yang dikumpulkan dan dihitung sendiri.

Sejak edisi 4 Agustus 1958, majalah Billboard mulai memuat tangga lagu Billboard Hot 100 yang memuat peringat 100 lagu terpopuler berdasarkan angka penjualan singel dan permintaan pendengar radio. Secara perlahan-lahan, majalah Billboard dimaksudkan sebagai majalah yang mengkhususkan diri pada tangga musik di Amerika Serikat. Bagian liputan sirkus, pekan raya, dan taman hiburan berdiri sendiri pada tahun1961, dan menerbitkan majalah berjudul Amusement Business.

Dari tahun 1961 hingga 2005, majalah Billboard merupakan majalah yang hanya mengkhususkan diri pada industri musik. Namun sejak tahun 2005, majalah dan situs web Billboard mulai meliput segala aspek dunia hiburan dalam bentuk digital. Majalah Amusement Business berjaya selama beberapa dekade, namun mulai mengalami kesulitan di awal abad ke-21. Frekuensi terbitan sempat diubah dari mingguan menjadi bulanan, tapi akhirnya harus berhenti terbit sejak bulan Mei 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s